Senin, 19 Oktober 2015

PENDUDUK MASYARAKAT DALAM KEBUDAYAAN

Hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini merupakan dwi tunggal:
Kebudayaan merupakan hasil dari suatu masyarakat, kebudayaan hanya akan bisa lahir, tumbuh, dan berkembang dalam masyarakat.
Tetapi juga sebaliknya, tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan.
Keterkaitan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan merupakan konsep suatu hubungan yang saling bertautan satu dengan yang lain. Antara penduduk dengan masyarakat, dan antara masyarakat dengan kebudayaan itu sendiri saling mempunyai hubungan-hubungan mendasar. Contohnya saja hubungan antara penduduk dengan masyarakat. Pada suatu daerah tertentu, tentu saja terdapat orang-orang yang bermukim atau biasa di sebut penduduk. Penduduk-penduduk tersebut setiap harinya saling melakukan interaksi sosial, sehingga kita dapat menyebut bahwa mereka hidup sebagai masyarakat. Dengan menyimpulkan contoh diatas, kumpulan penduduk yang mendiami suatu wilayah tertentu dan dalam waktu yang cukup lama dapat kita simpulkan sebagai masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu pula. Dalam maksud yaitu penduduk dalam arti umum, yaitu kelompok manusia atau kelompok orang.
Adapun dibawah ini adalah beberapa definisi dan penjelasan lanjut tentang penduduk, masyakarakat dan kebudayaan :
a.              Penduduk, diartikan sebagai kelompok organisme yang sejenis yang berkembang biak disuatu daerah tertentu.
b.             Masyarakat : Kelompok individu-individu yang saling melakukan interaksi dalam kehidupan mereka terutama melakukan interaksi sosial yang berkembang dalam cakupan wilayah tertentu yang cukup luas. Dalam artian, kehidupan sebagai makhluk sosial inilah yang menjadikan individu-individu tersebut menjadi masyarakat.
c.              Kebudayaan : Kebudayaan ini sangat erat kaitannya dengan masyarakat. Menurut Selo Soemadrjan Soelaiman Soemardi, kebudayaan merupakan sarana hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat.Kebudayaan dalam perwujudannya antara lain misalnya, perilaku, seni, religi/keyakinan, bahasa, pola berpikir dll.
Kebudayaan = hasil budi daya manusia sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
·      Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan.
·      Rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan.
·      Cipta merupakan kemampuan berpikir atau kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
 
PENDUDUK dan PERMASALAHANNYA
Orang yang pertama kali mengemukakan teori mengenai penduduk ialah Thomas Robert Malthus. Dalam edisi pertamanya “Essay Population” tahun 1798. Malthus mengemukakan adanya dua persoalan pokok, yaitu:
1.      Bahwa bahan makanan adalah penting untuk kehidupan manusia.
2.      Nafsu manusia tidak bisa ditahan.
Teori Malthus yang sangat terkenal yaitu:
1.      Berlipat gandanya penduduk itu menurut deret ukur, sedangkan
2.      Berlipat gandanya bahan makanan menurut deret hitung.
Sehingga pada suatu saat akan timbul persoalan-persoalan yang berhubungan dengan penduduk.
Manusia sebagai makhluk hidup akan selalu berusaha agar mempunyai keturunan dan memperjuangkan hidupnya untuk dapat hidup panjang (berumur panjang) dan ini sering dikenal dengan teori alam tentang pertumbuhan penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar