Jumat, 28 Oktober 2016

Bab I Metode Penelitian


BAB I

PENDAHULUAN

1.1                   Latar Belakang

Kehidupan manusia sehari – hari tidak bisa terlepas dari banyaknya aktivitas pekerjaan. Aktivitas pekerjaan yang dilakukan sehari – hari tidak terlepas dari siklus kerja. Siklus kerja yang kurang baik seperti waktu menganggur terlalu lama dapat sangat berpengaruh terhadap produktivitas dari suatu pekerjaan. Produktivitas pekerja merupakan salah satu unsur utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu pekerjaan, seringkali penggunaan tenaga kerja tersebut tidak efektif disebabkan karena waktu menganggurnya terlalu banyak seperti mengobrol. Pihak manajemen harus memikirkan cara untuk mengukur produktivitas pekerja sebelum melakukan upaya peningkatan produktivitas pekerja tersebut.

Permasalahan mengenai tingkat produktivitas pekerja dapat diketahui dengan metode sampling pekerjaan (work sampling). Metode sampling pekerjaan merupakan cara pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode sampling pekerjaan dapat mengetahui seberapa produktif penggunaan mesin dan operator saat bekerja. Metode sampling pekerjaan ini sangat cocok untuk mengangani masalah tingkat produktivitas pekerja yang kurang baik.

Metode sampling pekerjaan dapat diterapkan pada pengamatan terhadap suatu pekerjaan dan kegiatan di tempat kasir Lawson. Alasan menggunakan metode sampling pekerjaan di tempat kasir karena sistem kerjanya memiliki siklus kerja yang kurang baik antara pekerja dengan mesin sehingga menyebabkan antrian yang terlalu panjang.

 

1.2                   Perumusan Masalah

Perumusan masalah berfungsi sebagai fokus dari suatu permasalahan yang akan dibahas pada sebuah penelitian. Perumusan masalah penelitian adalah bagaimana mengetahui tingkat produktivitas operator dan mesin kasir, bagaimana menentukan produktivitas dan non produktivitas dari kedua operator kasir, dan bagaimana menentukan siklus waktu kerja dari kedua operator kasir.

 

1.3                   Batasan Penelitian

Pembatasan masalah merupakan batasan-batasan yang dimaksudkan untuk membatasi topik permasalahan agar tidak menyimpang dari pokok bahasan. Berikut ini adalah pembatasan masalah yang ada pada laporan penelitian.

1.    Pengamatan dilakukan hanya pada sebuah market bar bernama Lawson yang terletak di Kelapa Dua Depok

2.    Jumlah sampel data yang diambil adalah 30 data pengamatan

3.    Operator yang diamati hanya yang bekerja sebagai kasir

4.    Pengamatan terhadap operator dilakukan hanya terhadap dua orang operator kasir berjenis kelamin pria

5.    Pengambilan data dilakukan hanya pada waktu kerja operator shift ke-2 yang dimulai dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB

6.    Metode penyesuaian yang digunakan adalah hanya schumard method and westinghouse method

7.    Tingkat kepercayaan yang digunakan adalah 95% dan tingkat ketelitian yang digunakan adalah 5%

 

1.4                   Tujuan Penelitian

Tujuan penulisan adalah kumpulan pernyataan yang akan menjadi tolak

ukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun tujuan penulisan pada laporan penelitian ini sebagai berikut.

1.    Mengetahui presentase produktif dan non produktif terhadap kedua operator kasir

2.    Mengetahui nilai kecukupan data dari pengamatan yang dilakukan terhadap kedua operator kasir

3.    Mengetahui nilai uji keseragaman data dari hasil pengamatan terhadap kedua operator kasir

4.    Mengetahui waktu baku terhadap kedua operator kasir

5.    Mengetahui tingkat ketelitian data terhadap kedua operator kasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar